Total 5 Pohon Besar Roboh, Kerugian Belum Ditaksir

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Angin kencang yang menerjang Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, menyebabkan sedikitnya lima pohon berukuran besar roboh. Pohon-pohon ini berada di lima desa yang ada di kecamatan setempat.

Data yang didapat blokTuban.com, pohon pertama yang roboh berada di pinggir Jalur Deandles, tepatnya di Kelurahan Panyuran. Pohon sempat tumbang dan menghalangi jalan, beruntung petugas bisa cepat melakukan evakuasi. Sekitar 5 kilometer dari titik ini, satu pohon juga tumbang dan menghalangi jalan menuju Lamongan utara dan Gresik, tepatnya di Desa Kradenan, Kecamatan Palang.

Ketiga, pohon tumbang berada di kawasan Desa Sumurgung. Pohon asam dengan usia hampir 200 tahun menimpa bangunan sekolah Taman Kanak-kanak (TK) Bina Bangsa, dan juga menimpa bangunan lumbung beras miskin (Raskin) desa setempat. Dibutuhkan waktu cukup lama, agar petugas kepolisian dibantu warga bisa mengevakuasi pohon asam ini.

Pohon keempat, berada di Desa Tasikmadu. Pohon sawo berukuran cukup besar menimpa rumah milik Ratmani, warga setempat. Akibatnya, atap salah satu bagian rumahnya mengalami kerusakan sangat parah. Kemudian yang ke lima, adalah pohon asam yang berada di Desa Wangun, dan roboh menghalangi jalan desa.

"Tidak ada korban jiwa dalam insiden kali ini, petugas langsung melakukan evakuasi begitu mengetahui ada pohon tumbang. Apalagi pohon menimpa bangunan sekolah dan rumah warga," jelas Kapolsek Palang, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Murni Kamariyah, kepada blokTuban.com, Kamis (18/2/2016).

Terpisah, Camat Palang, Sugeng Winoto, menerangkan kalau tidak ada korban jiwa pada insiden itu. Hanya saja, ada kerugian material yang tampaknya cukup besar. Pasalnya, ada rumah warga, bangunan sekolah, lumbung Raskin desa, dan infrastruktur lain menjadi korban.

"Tapi untuk total jumlah kerugian kita belum bisa menghitung, fokus dulu dievakuasi," kata Sugeng Winoto.

Dia mengatakan, pihaknya akan berupaya mengusulkan ke Pemkab Tuban agar bangunan yang rusak mendapatkan bantuan. Baik untuk bangunan sekolah, lumbung Raskin, maupun bangunan rumah milik warga yang tertima pohon. [pur/rom]