Jangan Gunakan Jasa Orang Urus Administrasi Kependudukan

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Kemudahan pengurusan administrasi kependudukan belum disadari banyak orang, terbukti masyarakat masih menggunakan jasa orang lain untuk menguruskannya sehingga harus membayar biaya jasanya.

Terkait hal ini, Kepala Bidang Kependudukan di Dukcapil Tuban, Gunadi mengatakan, memang masih banyak masyarakat yang enggan mengurus data-data identitas dirinya sendiri. Karena itu mereka masih bisa menggunakan jasa orang lain untuk dimintai tolong sehingga mau tidak mau harus membayari orang yang membantu tersebut.

"Lebih baik diurus sendiri, agar tidak usah membayar, sayang kan sudah digratiskan membuatnya tapi dia masih bayar," terang Gunadi kepada blokTuban.com

Selanjutnya Gunadi mejelaskan, bahwa mengurus data administrasi kependudukan itu sekarang digratiskan. Maka dari itu masyarakat harus memanfaatkan dengan baik, jangan sampai ada pihak-pihak yang memanfaatkan sehingga membuatnya berbayar.

Selain gratis, pengurusan administrasi kependudukan juga tidak membutuhkan waktu lama. Berdasarkan informasi yang dihimpun blokTuban.com untuk mengurus data administrasi kependudukan hanya memakan waktu 2-7 hari saja jika berkas-berkasnya sudah dilengkapi. [nok/col]