Anggaran Rp.81 M per Tahun, Dinkes Siap Tingkatkan Pelayanan

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Anggaran dana Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban pada tahun 2016 ini, mencapai Rp.81 Miliar. Dana tersebut, berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2016 Kabupaten Tuban. Anggaran tersebut masih tetap sama dengan anggaran yang diterima Dinkes pada tahun 2015 lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Tuban, Saeful Hadi mengatakan, tahun ini Dinkes mendapatkan anggaran sebesar 81 Miliar dar APBD Kabupaten Tuban setelah pengajuannya diterima dan telah disetujui. Dana tersebut, akan digunakan untuk perbaikan pelayanan kesehatan agar semakin baik dan manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat Tuban.

"Akan kita fokuskan pada pelayanan agar masyarakat bisa merasakan manfaat dari Dinkes ini, berobat gratis akan menjadi fokus utama," terang pria lulusan FK Unair kepada blokTuban.com

Selanjutnya, Saeful Hadi menjelaskan, bahwa anggaran dana 2016 tahun ini masih tetap sama dengan tahun 2015 sebelumnya, yakni 81 Miliar. Kendati demikian, anggaran tahun ini nantinya akan dimanajemen dengan baik agar tepat atau proporsional sesuai penggunaannya.

"APBD ini akan kita gunakan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan, agar tidak ada masalah di tengah perjalanan hingga pada sampai akhir tutup tahun,"

Berdasarkan informasi yang dihimpun blokTuban.com, bahwasanya Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban membawahi empat bidang, yakni Bidang Pelayanan Kesehatan, Bidang Pencegahan dan pemberantasan penyakit serta penyehatan lingkungan (P2PL), Bidang Kesejahteraan keluarga (Kesga), Bidang Pemberdayaan Masyarakat (Pemas).[nok/ito]