Kades: Sungai Jambon Harus Dinormalisasi

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Tanggul avur Jambon, yang berada di Desa Sumurgung, Kecamatan/Kabupaten Tuban, jebol lagi. Padahal, tanggul ini baru saja dilakukan perbaikan sekitar tiga bulan lalu dengan menelan anggaran yang tidak sedikit, Sabtu (13/2/2016).

Kepala Desa (Kades) Sumurgung, Mujami'in menerangkan, kalau harus ada normalisasi sungai ini. Baik dari hulu ke hilir. Karena, jebolnya tanggul beberapa kali karena sungai sudah tidak mampu lagi menampung debit air.

"Antara luas dan kedalam sungai yang dangkal, sudah tidak mampu lagi menampung debit air sungai," jelas Mujami'in.

Normalisasi sungai, harus dilakukan mulai dari Desa Jadi dan Desa Boto di Kecamatan Semanding, Desa Tegalrejo Kecamatan Merakurak, Desa Sugiharjo di Kecamatan Tuban, Desa Sumurgung tempat tanggul ini berada, dan dilanjutkan sampai Desa Kapu dan Desa Tahulu yang ada di Kecamatan Merakurak.

Diketahui, kondisi sungai dari hulu memang cukup lebar dan dalam. Sementara ketika masuk di titik tanggul, volume sungai menyempit dan cenderung dangkal. Aliran air dipastikan tidak bisa mengalir dengan lancar.

"Kalau hanya tanggulnya saja yang diperbaiki jelas akan jebol lagi. Karena air seperti tidak jalan dan menerjang bantaran sungai yang ada," terang Mujami'in.

Dia berharap, normalisasi sungai bisa segera dilakukan agar aliran lancar dan tidak ada masyarakat yang dirugikan. Karena, baik dengan jebolnya tanggul ataupun meluapnya sungai mengakibatkan kerugian material di beberapa desa yang tidak sedikit. [pur/ito]