Cabai Produk Unggulan Petani Desa Ngandong

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Selain sebagai desa penghasil jagung, Desa Ngandong, Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban juga memiliki produk unggulan yakni cabai. Hal ini dikarenakan letak geografis Desa Ngandong yang merupakan daerah pegunungan, sehingga tidak memungkinkan apabila ditanami padi.

Salah satu petani Desa Ngandong, Sumiati (42) mengatakan, penanaman cabai ini dimulai pada waktu usia jagung berumur sekitar dua bulanan (sirep), saat itu di bawah tanaman jagung ditanami cabai.

"Untuk bibit cabai saya menanam sendiri," ujarnya saat ditemui blokTuban.com, Kamis (11/2/2016).

Hampir 4.000 meter persegi lahan milik Sumiati ditanami cabai. Cabai yang rata-rata ditanam oleh petani Desa Ngandong berjenis rawit dan tampar dan dalam sekali panen bisa menghasilkan sekitar empat kuintal cabai.

Cabai-sabai ini dapat dipanen apabila sudah berumur sekitar tiga bulan, dan para petani di desa tersebut dapat memanen hingga delapan sampai sepuluh kali.

Kepala Desa (Kades) Ngandong, Suiswanto (37) mengatakan, cabai ini merupakan hasil produk unggulan para petani di desa yang dipimpinnya. Hal ini terbukti semua petani menanami cabai di lahannya saat jagung berumur sekitar dua bulan.

"Untuk panen raya cabai sendiri para petani masih merasa resah karena harga yang tidak menentu," ujarnya. [hud/col]