Lima Desa di Kecamatan Merakurak Rawan Banjir

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Kecamatan Merakurak memang kerap menjadi langganan banjir, hal itu terjadi karena daerah tersebut, berada di dataran yang rendah, sehingga sering mendapatkan kiriman air yang bisa merendam pemukiman warga, ataupun area persawahan. Namun, masyarakat Tuban, khusunya yang berada di Kecamatan Merakurak, perlu mengetahui desa yang rawan akan banjir tersebut, agar bisa diantisipasi saat hujan deras turun.

Camat Merakurak, Sugeng Winarno mengatakan, bahwa di Kecamatan Merakurak ada lima desa yang rawan banjir, dan perlu diwaspadi saat hujan deras mengguyur. Diantaranya adalah Desa Kapuh, Mandirejo, Bogorejo, Sendangaji dan Desa Tahulu.

"Desa tersebut perlu waspada saat hujan deras, karena rawan terjadi banjir. Hal tersebut perlu diantisipasi agar tidak ada kejadian yang tidak diinginkan," terang Sugeng sapaan akrabnya, kepada blokTuban.com

Selanjutnya, Sugeng menjelaskan, hal tersebut terjadi karena faktor geografis, dimana Kecamatan Merakurak merupakan dataran rendah. Sehingga saat hujan deras mengguyur, akan mendapatkan banjir kiriman, baik dari Semanding ataupun Kecamatan Montong.

"Upaya Pemkab dalam menanggulangi banjir ini dengan cara membuatkan Waduk di Desa Tuwiri Wetan dan Sodetan di Gemulung, jika hal tersebut sudah aktif maka insyaAllah banjir akan bisa teratasi," pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, bahwa hujan deras pada Senin (8/2/2016), mengakibatkan banjir yang merendam rumah serta persawahan di lima desa di Kecamatan Merakurak. [nok/rom]