Banjir, Warga Manfaatkan Jasa Angkut Grobak

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bencana banjir yang menggenangi beberapa wilayah di Bumi Wali sebutan Tuban, tidak selamanya merugikan warga. Seperti banjir yang menggenangi ruas jalan desa yang berada di Kecamatan Parengan, membuat beberapa warga setempat mempunyai inisiatif menyediakan jasa angkut kendaraan dengan grobak, Selasa (9/2/2016).

Dari pantauan blokTuban.com di lapangan, ruas jalan yang berada di Desa Brangkal, Kecamatan Parengan tergenang air hingga 40 sampai 50 centimeter. Disamping itu, arus air terlihat sangat deras, membuat sebagian warga yang ingin melintas berfikir dua kali, apabila tidak ingin hanyut terseret derasnya aliran banjir.

Salah satu warga yang menyediakan jasa angkut grobak, Yanto (38) mengatakan, jalan poros Desa Brangkal adalah jalur ke arah Desa Sembung, serta jalan tembus antara Kecamatan Parengan menuju Kecamatan Senori. Menurut Yanto, arus air sangat deras, membuat para pengguna jalan tidak berani melintas.

"Dari pada para pengguna jalan putar balik, kami menyiapkan jasa angkut kendaraan," terang Yanto, kepada blokTuban.com.

Lanjut Yanto, untuk mengangkut kendaraan sepeda motor, dirinya mendapat ongkos dari para pengguna jasa Rp5.000, dengan jarak kurang lebih sekitar 300 meter.

"Pengguna jalan banyak yang enggan melintasi genangan air, disamping takut terseret arus juga takut mogok, sehingga mereka menggunakan jasa angkut gerobak," pungkasnya. [hud/rom]