Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Hujan deras yang mengguyur sejak Senin (8/2/2016) sore hingga malam, menyebabkan banjir bandang di Desa Kapuh, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban. Akibatnya, sawah petani mengalami gagal panen karena digenangi air.

Seorang petani, Abdul Hamid mengatakan, dirinya memiliki sawah lima petak dan tanam padi semua. Namun karena diterjang banjir bandang, dia terancam gagal panen.

"Padahal tinggal satu bulan sudah siap panen, akibat gagal panen tersebut kerugian mencapai 8 juta," terang pria yang juga sebagai perangkat desa tersebut.

Sedangkan petani lain, Cukup (47) menambahkan, hujan deras yang mengguyur menyebabkan petani Kapuh gagal panen padi. Terlebih daerahnya merupakan dataran rendah yang rawan akan banjir jika terjadi hujan deras, akibatnya sawah petani yang ditanami padi tergenangi air dan menyebabkan padi gagal panen.

"Saya hanya memiliki sawah satu petak, namun kerugian tersebut sangat berdampak bagi saya, apalagi saya orang kecil," jelasnya.

Berdasarkan info yang dihimpun blokTuban.com bahwa sepanjang jalan desa Kapuh, terlihat sawah-sawah yang berada di tepi jalan tergenangi akibat hujan deras tersebut. [nok/ito]