RPS Gelar Donor Darah di Balai Wartawan

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Peringati Hari Pers Nasional (HPN), Ronggolawe Press Solidarity (RPS) menggelar donor darah bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Tuban.

Sebelumnya, komunitas jurnalis di Tuban ini telah menyulap Balai Wartawan di Jalan Pramuka nomer 1 Tuban, sebagai lokasi donor darah. Meski sederhana, acara yang diawali dengan potong tumpeng dan doa bersama berjalan cukup semarak.

Tampak hadir di acara ini, Wakil Bupati (Wabup) Noor Nahar Hussein, perwakilan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda), aktivis mahasiswa, pers kampus, komunitas media sosial, suporter Ronggomania, dan perwakilan dari Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) yang ada di Kabupaten Tuban.

"Ini adalah rangkaian awal kegiatan kami dan sengaja kita laksanakan tepat tanggal 9 Pebruari. Tanggal dimana Hari Pers Nasional ditetapkan pemerintah," jelas Ketua RPS, Khoirul Huda, kepada blokTuban.com.

Usai tasyakuran dan potong tumpeng, agenda dilanjutkan dengan donor darah di salah satu ruang yang disediakan panitia. Selain wartawan, sebagian besar undangan yang hadir juga ikut mendonorkan darahnya.

"Darah untuk negeri," kata salah satu mahasiswa, Narto (22) sambil tersenyum usai mengikuti donor darah.

Wabup Tuban, Noor Nahar Hussein dalam sambutannya mengatakan, pentingnya peran pers di era demokrasi. Dia meminta, pers di Tuban bisa membantu pemerintah menata Tuban lebih baik lagi.

"Pers bisa menjadi alat ampuh untuk menyampaikan kritik demi perubahan ke arah yang lebih baik, tapi juga menjadi alat ampuh untuk menjatuhkan seseorang. Kami berharap kedepan pers di Tuban bisa menjadi lebih membantu kami menyampaikan persoalan yang dihadapi masyarakat," tandasnya. [pur/ito]