Dinkes: Belum Ada Laporan terkait Zika di Tuban

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Virus Zika merupakan virus yang berbahaya bagi manusia, sebab bisa menyebabkan pusing ataupun demam hingga kekuning-kuningan. Meskipun banyak yang berpendapat bahwa virus Zika merupakan virus yang berbahaya dibanding Demam Berdarah atau yang lebih kita kenal dengan sebutan DB, namun hal tersebut belum teruji, bahkan hal tersebut dibantah oleh Kepala Dinas Kesehatan Tuban.

"Sampai saat ini alhamdulillah belum ada laporan terkait virus Zika di Kabupaten Tuban, semoga saja tidak pernah ada," terang Kepala Dinas Kesehatan Tuban, Saeful Hadi.

Selanjutnya Saeful Hadi mengatakan lebih lanjut terkait Zika, bahwa info yang diketahui oleh masyarakat terkait bahaya Zika lebih parah dibanding DB itu juga tidak benar, sebab virus Zika bisa sembuh dengan sendirinya hanya dengan waktu kurang lebih satu pekan.

"Demam Berdarah (DB) itu lebih berbahaya ketimbang Zika, soal info yang beredar terkait bahaya Zika melebihi DB itu kurang tepat, namun perlu diwaspadai karena merupakan penyakit juga," jelas Kepala Dinas Kesehatan Tuban tersebut.

Kendati demikian, masyarakat harus tetap waspada, karena bagaimanapun jika terserang virus tersebut akan merugi secara fisik ataupun materi, kesehatannya juga akan terganggu dan harus segera memeriksakan diri.

"Saya harap masyarakat harus tetap berhati-hati terkait virus tersebut, harus menjaga kebersihan lingkungan agar tidak menimbulkan nyamuk Aides Ae`gepty yang bisa menyebabkan penyakit Zika," pungkasnya. [nok/col]