Tingkatkan Kamampuan Guru, KKG-MI Soko Gelar Workshop

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Guna meningkatkan kemampuan tenaga pendidik di jenjang madrasah, Kelompok Kegiatan Guru Madrasah Ibtidaiah (KKG MI) menghelat workshop atau pelatihan bertajuk pembuatan soal selama dua hari, Sabtu-Minggu (6-7/2/2016).

Sesuai tajuk tersebut, peserta workshop datang dari guru Madrasah Se-Kecamatan Soko. Lebih dari dua ratus guru berpatisipasi dalam workshop ini.

"Tujuan workshop ini pertama merupakan kewajiban bagi orang Islam mencari ilmu. Kedua untuk meningkatkan ilmu dan membina profesonalitas guru," ungkap Kepala KKG-MI Kecamatan Soko, Abdul Fatah, kepada blokTuban.com.

Menurut Abdul Fatah, pelaksananan kegiatan semacam ini dicanangkan dalam program wajib tahunan. Minimal dalam satu tahun terdapat dua kali penyelenggaraan.

Kegiatan workshop pada hari pertama diisi penyampaian materi terkait teknis pembuatan soal oleh Widya Iswara dari Balai Diklat Keagamaan Surabaya. Ada juga materi pembinaan dari kementerian agama (Kemenag) Kabupaten Tuban terkait kebijakan di Kabupaten tuban.

Sedangkan pada hari kedua, kegiatan lebih difokuskan pada praktik pembuatan soal. Selain itu dilakukan analisis butir soal untuk mengetahui apakah butir soal yang dibuat tersebut sesuai aturan atau belum.

Sekretaris KKG-MI Kecamatan Soko, Jumain mengungkapkan, kegiatan semacam ini ke depan sebisa mungkin variatif. Tema yang disampaikan tidak akan sama dan lebih disesuaikan kebutuhan.

"Kalau saat ini pelaksanaan workshop ada di MTs Tarbiyatul Islam Soko. Kedepan bisa jadi di MTs lainnya di Kecamatan Soko," kata Jumain menambahkan.[dwi/col]