Belalang Goreng, Sajian Nikmat di Musim Hama

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com – Musim hama memang cukup merepotkan bagi petani. Tapi tidak untuk hama jenis belalang. Sebab, serangga ini bisa disulap menjadi sajian kuliner yang sangat nikmat.

Bagi orang yang tidak mempunyai alergi, menu belalang merupakan salah satu jenis kuliner yang dicari. Selain rasa yang bisa menggoyang lidah, belalang juga diyakini mempunyai kadar protein cukup tinggi.

Ingin memasak belalang.? Caranya sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Sebelumnya, bersihkan sayap, kotoran, dan kaki belakang belalang. Kemudian, cuci belalang sampai bersih.

Setelah belalang bersih, siapkan bumbu yang terdiri dari cabai, bawang putih, bawang merah, kunir, kemiri, dan garam ditambah sedikit penyedap rasa. Ulek bumbu sampai lembut, dan campurkan dengan belalang yang sudah dibersihkan.

"Belalang ini cukup digoreng dengan minyak panas. Meski dengan bumbu sederhana, rasanya sudah sangat luar biasa di lidah," kata salah satu penikmat kuliner belalang, Syaiful, kepada blokTuban.com, Sabtu (6/2/2016).

Menyantap belalang, bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai untuk lauk makan, ataupun sekadar camilan. Selain itu, belalang ini juga bisa dimasak dengan aneka variasi bumbu masakan yang lain.

Cara mendapat belalang di musim ini juga mudah. Di beberapa desa, sudah banyak warga yang menangkap serangga ini dan di jual dalam wadah botol. [pur/rom]