Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Populasi sapi di Kabupaten Tuban mencapai 324.295 ekor. Sapi-sapi ini, merupakan hasil dari peternak lokal yang ada di Bumi Wali.

Melimpahnya populasi sapi, menjadikan Tuban sebagai salah satu pemasok daging. Bahkan, setiap bulannya Tuban mampu mengirim 1.000 ekor sapi ke luar daerah.

"Tuban itu salah satu pemasok sapi, selain bisa mencukupi kebutuhan sendiri juga mampu mengirim ke daerah lain sampai seribu ekor perbulan," terang Kepala Bidang (Kabid) Peternakan di Dinas Pertanian dan Peternakan Tuban, Pipin Diah Lasati, Rabu (3/2/2016).

Apabila di daerah lain harga daging sapi mulai melambung, semestinya hal itu tidak terjadi di Tuban. Sebab, kata Pipin, banyak daerah yang menggantungkan pasokan daging dari impor.

"Kalau di Tuban itu semua sudah bisa tercukupi bahkan lebih dari pasokan sendiri, tidak tergantung impor," lanjut Pipin.

Dia mengatakan, apabila ada harga daging sapi mahal di pasar. Biasanya, adalah permainan tengkulak. Sebab harga sapi dari peternak biasanya tetap sama. [pur/ito]