Pecinta Satwa Amankan Ular Phyton

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Sejumlah pecinta satwa di Kabupaten Tuban mengamankan ular phyton yang didapat dari Desa Boto, Kecamatan Semanding. Ular Phyton ini, mempunyai panjang sekitar 4 meter dengan bobot sekitar 30 kilogram. Cukup besar untuk memangsa hewan jenis unggas.

"Ular ini kita dapat dari Desa Boto, Kecamatan Semanding. Kabarnya ada dua, tapi yang satu ekor kita cari tidak ketemu," jelas salah satu pecinta satwa, Ali Muhsin, Rabu (3/2/2016).

Muhsin menjelaskan, awal penangkapan ular ini berasal dari informasi masyarakat. Sebagian warga Desa Boto resah karena sering kehilangan ternak. Disamping itu, mereka cukup sering melihat ular berukuran besar di lingkungan mereka.

"Kemudian kita cari, dan setelah ketemu langsung kita tangkap," lanjut Muhsin.

Pecinta satwa menangkap phyton ini karena takut membahayakan warga, atau memangsa ternak. Di samping itu, diamankannya ular juga agar tidak dibunuh warga yang ketakutan.

Rencananya, pecinta satwa ini akan membuat kandang yang lebih layak. Supaya ular bisa bergerak dengan leluasa. Sekarang, ular ini diamankan di salah satu kandang sederhana yang ada di Kelurahan Sidorejo, Kecamatan/kabupaten Tuban. [pur/col]