Target Pajak Kendaraan Bermotor Capai Rp 104 Miliar

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk Pajak Kendaraan Bermotor Kabupaten Tuban pada tahun 2016 ditetapkan Rp104 miliar. Target tersebut dipastikan naik dibanding tahun sebelumnya.

"Dibanding tahun lalu, target PKB ada kenaikan sekitar Rp4 miliar. Target PKB tahun lalu yakni sebesar Rp100 miliar," kata Administrator Pelaksana (Adpel) Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) Samsat Tuban, Sudarsono.

Setiap tahunnya, terang Darsono, penetapan target tidak menentu. Namun, dipastikan ada kenaikan meski tidak konsisten sama. Ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan. Sehingga penetapan target bisa dipastikan sejalan dengan tingkat realisasi.

"Faktor utama penentuan target yaitu, tingkat perekonomian masyarakat. Mayoritas masyarakat Tuban bekerja sebagai petani dan pekerja pabrik harus jadi pertimbangan juga," ujar Darsono.

Ketika tingkat perekonomian masyarakat lemah, tingkat pembelian kendaraan juga akan melemah. Sedang disisi lain, pertumbuhan kendaraan bermotor di Tuban setiap tahunnya meningkat.

"Pertumbuhan ekonomi tidak dapat diprediksi. Seperti tahun kemarin, perekonomian Tuban sempat lemah, sehingga berpegrauh terhadap tingkat realisasi," pungkas Darsono. [dwi/rom]