Dua Sekolah di Tuban Dilatih Kampus Ungu

Pengirim: Narisma/Dilla

blokTuban.com - Selain di Kabupaten Bojonegoro, Program Studi (Prodi) D III Kebidanan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Husada (STIKes ICSADA) Bojonegoro, juga menggelar program peningkatan kapasitas Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) ke 3 dengan tema Aku Cinta Sehat (ACS) di Kabupaten Tuban. Ada dua sekolah di gelombang ACS ke 4 ini yang mendapat pelatihan. Yakni SMAN 1 Parengan dan MA Sunan Bonang, Ponco, Kabupaten Tuban.

Selasa (2/2/2016), Tim ACS Prodi D III Kebidanan yang terdiri dari dosen dan mahasiswa melatih Tim Rintisan UKS MA Sunan Bonang. Sekitar 18 siswa yang menjadi peserta begitu antusias mengikuti setiap materi yang diberikan perwakilan dosen Sun Aidah, S.ST, Lia Hartanti, S.ST.MM, Istito'ah, Amd.Keb dan Ns. Layli, S.Kep.

"Materi awal sama dengan sekolah lain, yakni cuci tangan, penangan pingsan, pengukuran tanda-tanda vital, perawatan luka, dan informasi kesehatan reproduksi, serta HIV/AIDS," kata dosen Prodi D III Kebidanan, STIKes ICSADA Bojonegoro, Lia Hartanti, S.ST.MM.

Bu Lia, panggilan akrabnya, menerangkan kalau pada gelombang keempat ini ada SMAN 1 Padangan, SMAN Temayang, SMK Migas Kalitidu, MA Islahiyah, SMK PGRI 3, SMKN 5 Bojonegoro, SMA Al Fatah dan SMK Bisa. "Juga di SMAN 1 Parengan dan MA Sunan Bonang, Ponco, Kabupaten Tuban," lanjutnya.

Perguruan Tinggi (PT) yang bertempat di jalan dr Wahidin Kota Bojonegoro tersebut konsisten untuk berbagi sehat dan melatih sekolah peningkatan kapasitas UKS. Program ACS yang merupakan Pengabdian Masyarakat (Abdimas) D III Kebidanan ini sudah memasuki gelombang 4 dan sebelumnya ada 25 sekolah di gelombang 1, 2 dan 3.

Kaprodi D III Kebidanan, Niken Yuli Astuti menambahkan, untuk tahap 1, Tim UKS ataupun sekolah yang belum terbentuk UKS, dilatih dasar-dasar penanganan pingsan, pemberian nafas buatan, mengecek nadi dan lain sebagainya. Juga ada cara mencuci tangan dengan benar. Pada tahap 2 dan 3, pelatihan bukan di sekolah, melainkan langsung di Laboratorium Kesehatan Kampus Ungu. "Program ini akan terus berjalan, sehingga skill Tim UKS bisa bertambah bagus. Tujuan awal, Kampus Ungu ingin bersama Pemkab Bojonegoro, Tuban dan stakeholder lain memajukan pendidikan. Terutama dengan menjunjung Tri Dharma Perguruan Tinggi yang salah satunya ada Abdimas.

"Jadi, ACS akan terus ditanamkan sejak dini agar anak atau siswa di sekolah bisa menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)," sambungnya. [ito]

*Crew MAGIC/Anggota Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Kampus Ungu, STIKes ICSADA Bojonegoro