Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Siapa sangka Koperasi wanita (Kopwan), yang berlokasi di pinggiran Kabupaten Tuban, tepatnya di Desa Cekalang, Kecamatan Soko yang juga berbatasan dengan Kabupaten Bojonegoro, saat ini menjadi kopwan terbaik se-Jawa Timur. Bahkan koperasi yang diberi nama Al-Barokah itu kini menjadi koperasi percontohan.

Ketua kopwan Al-Barokah, Jihan Alhanin mengatakan, berkat kesungguhan dan ketekunan para pengurus menjalankan koperasi, sehingga bisa menjadi seperti saat ini. Kendati memiliki tiga pengurus, ia membuktikan koperasi yang ia kelola mampu mengahantarkan kopwan Al-Barokah jadi yang terbaik.

"Selain simpan pinjam ada pula santunan. Pinjaman tidak hanya uang saja tetapi juga berupa barang. Pembayarannya bisa diangsur seperti bayar uang," kata Jihan, yang juga merupakan guru IPA di SMPN 2 Soko ini.

Kerja keras wanita kelahiran 1980 silam ini bersama pengurus kopwan Al-Barokah membuahkan hasil yang manis, yakni pada tahun 2015 lalu, menyabet dua penghargaan sekaligus, yaitu mendapat penghargaan sebagai kopwan terbaik se-Jawa Timur dan uji kompetensi.

"Dana hibah diawal pembentukan pada 2010 yaitu Rp25 juta dan sekarang menjadi Rp1,4 miliar. Kemudian di tahun 2015 mendapat suntikan dana Rp25 juta pada saat penghargaan kopwan terbaik se-Jatim," kata Jihan yang resmi menjadi ketua sejak 2011 silam.

"Alhamdulillah kami sekarang menjadi kopwan percontohan. Setiap seminggu sekali menjadi narasumber kegiatan koperasi yang dinaungi Dinas Perekonomian Provinsi Jawa Timur langsung," tutup Jihan, kepada bT sebutan blokTuban.com. [dwi/rom]