Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Kunci sukses menjalankan koperasi ada pada kepercayaan anggota. Kini sekitar 98 persen warga Desa Cekalang, Kecamatan Soko menjadi anggota koperasi wanita (kopwan) Al-Barokah.

Dimana anggota menjadi pusat adanya kegiatan. Hal demikian yang diyakini ketua kopwan Al-Barokah, Jihan Alhanin. Menurutnya, menempatkan kepercayaan adalah pion utama menjalankan koperasi.

"Selain itu, kesungguhan pengurus menjadi salah satu faktor timbulnya kepercayaan anggota," tambah Jihan pada blokTuban.com.

Kurang lebih 535 kepala keluarga (kk) pada satu desa, sekitar 98 persen tergabung dalam kopwan. Hal itu bukti dari keseriusan pengurus kopwan menjalankan fungsi dan peran koperasi.

"Kalau masyarakat sudah percaya, insyaAllah akan berjalan lancar. Masyarakat akan malu kalau tidak ikut koperasi," jelasnya.

Pada setiap Rapat Akhir Tahun (RAT), kata Jihan, tidak pernah ditunda pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU). Selain itu, pengerjaan laporan sudah tidak menual lagi. "Yakni menggunakan komputer program microsoft dengan aplikasi simpan pinjam," tutupnya penuh semangat. [dwi/rom]