Ternak Burung Kicau, Mulai Menggeliat

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Saat ini para pencinta burung kicau di Kecamatan Grabagan sangat banyak, hal ini menjadi berkah tersendiri bagi para peternak burung.

Ternak burung kicau yang dimulai sejak satu tahun lalu, oleh warga Dusun Dawung, Desa/Kecamatan Grabagan saat ini telah menuai hasil yang lumayan.

Salah satu penernak burung kicau, murai batu dan kacer, Bambang (39) mengatakan, saat ini para peternak burung kicau ini sudah banyak peminatnya, dan sekarang ternak yang saya tekuni bisa menjual hingga 20 burung murai batu dan 20 burung Kacer.

"Kurang lebih satu bulan bisa menjual hingga 20 burung murai dan kacer," kata Bambang kepada blokTuban.com, Sabtu (30/1/2016)

Selain itu, di Kecamatan Grabagan juga setiap hari jumat diadakan lomba burung kicau, hal itu juga semakin membuat para peternak kebanjiran pembeli.

Untuk burung murai batu dan kacer, kata Bambang, dalam satu bulan setengah bisa berproduksi hingga dua kali. Untuk hasil ternakan murai batu dan kacer biasanya para tengkulak membeli di rumah dan harga dibandrol untuk sepasang murai batu umur satu bulan dijual Rp2 juta sampai Rp2,5 juta.

"Para pembeli atau tengkulak biasanya datang langsung ke rumah," pungkasnya. [hud/rom]