Pasokan Tersendat, Harga Daging Ayam Mulai Naik

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Pasokan daging ayam di pedagang daging di pasar tradisional Kabupaten Tuban tersendat. Akibatnya, harga daging unggas inipun mulai merangkak naik.

Salah satu pedagang daging di Pasar Tradisional Tuban, Maryam (33), menjelaskan pasokan dari peternak ke pedagang mulai tersendat. Hal ini sudah terjadi sejak beberapa hari terakhir.

"Pasokan dari peternaknya sedikit, tidak seperti biasanya," terang Maryam menjelaskan, Sabtu (30/1/2016).

Saat ini, harga daging ayam di Tuban berkisar Rp32.000 perkilogram, naik sebesar Rp2.000 rupiah dari harga sebelumnya, yang hanya Rp30.000 perkilogramnya. Selama pasokan tersendat, harga ini diperkirakan akan terus mengalami kenaikan.

"Kalau harga terus naik, efeknya bukan pada konsumen saja. Tapi pedagang juga akan mengalami penurunan omset karena penjualan jadi ikut sedikit," lanjut Maryam.

Salah satu peternak ayam, menjelaskan saat ini memang sedang menghadapi sedikit masalah. Cuaca yang kerap berubah menjadikan hewan ternaknya rentan terserang penyakit.

"Banyak peternak yang lebih memilih mengosongkan kandangnya," kata Nadif (40), salah satu peternak asal Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. [pur/rom]