Polisi Telusuri Sumber Awal Informasi Hoax

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Petugas kepolisian dari Polres Tuban masih melakukan penyelidikan sumber awal adanya informasi hoax jatuhnya helikopter di Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban, beberapa hari lalu.

Informasi hoax ini, pertama kali diunggah oleh Ahmad Nahar Sudrajat (23), dengan akun Facebook (FB) miliknya, Nahar Curcol. Pemuda ini mengaku hanya menyebar berita ini di FB, tetapi mengakui sumber awal dari BlackBerry Messenger (BBM).

Untuk itulah, Polisi masih menelusuri pembuat sumber awal informasi ini. Salah satu caranya adalah dengan memeriksa pesan ini dari pesan BBM.

"Pemilik akun ini sebagai orang pertama menaikkan di Medsos, tapi kami juga masih perlu menelusuri sumber awal informasi ini," jelas Kasatreskrim Polres Tuban, AKP Suharta, melalui Kepala Unit (Kanit) IV, IPDA Dean Tomy Rimbawa, kepada blokTuban.com.

Sebelumnya, pemilik akun FB, Ahmad Nahar Sudrajat, membenarkan kalau awal informasi yang dia dapat dari BBM. Kemudian, tanpa pikir panjang langsung menyebarkan informasi beserta fotonya ke FB.

"Saya kira itu (informasi) benar, langsung saja tak naikkan di FB tanpa pikir panjang," kata Nahar.

Diketahui, isu helikopter yang jatuh di wilayah Parengan, menggemparkan warga Tuban. Usut punya usut, isu ini ternyata berawal dari postingan salah satu akun di jejaring sosial, Facebook. Akibat isu ini, beberapa pihak termasuk petugas kepolisian dan perhutani sempat dibuat repot. [pur/col]