Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Di Kabupaten Tuban, kini sudah mempunyai kebijakan baru terkait dengan adanya penerapan Kartu Nelayan yang diprioritaskan secara khusus untuk Nelayan, sebab dengan identitas di KTP saja tidak cukup.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tuban, Sunarto mengatakan, saat ini sudah ada kebijakan yang mengatur nelayan harus memiliki Kartu Nelayan, sebab nanti akan ada kegunaannya.

"Misal jika terjadi kelangkaan di SPBU, maka nelayan yang memiliki Kartu Nelayan tersebut bisa diprioritaskan, karena benar-benar dia membuktikan sebagai seorang nelayan dan akan didahulukan," terang Sunarto.

Sunarto menambahkan, adanya Kartu Nelayan ini sangat penting, sebab sebagaimana diketahui banyak sekali nelayan yang status pekerjaannya di KTP tertulis swasta dan lain-lain.

"Maka dengan adanya kebijakan ini diharapkan nelayan bisa mengikutinya dan bisa segera membuat kartu tersebut," pungkasnya.

Diketahui bahwa untuk membuat Kartu nelayan tersebut, nelayan bisa langsung datang di UPTD Perikanan dan Kelautan setempat atau Kasi Perikanan di daerah nelayan.

Berdasarkan info yang dihimpun blokTuban.com bahwa untuk masalah keselamatan nelayan, hanya bisa melalui BPJS, bukan dengan jaminan Kartu Nelayan.[nok/ito]