Panen Cabai Menurun Hingga 40 Persen

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dengan keadaan musim yang tidak menentu seperti saat ini, membuat panen cabai petani mengalami penurunan hingga 40%.

Hal ini terjadi di kawasan Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban. Para petani cabai mengaku, saat ini hasil panen cabai menurun. Salah satu penyebabnya adalah kondisi musim yang tidak menentu, sehingga sangat berpengaru besar terhadap tanaman cabai, selain itu pemanenan juga tidak bisa maksimal.

Petugas pertanian, Sunarto, mengatakan bahwa menurunnya hasil panen cabai salah satunya dipengaruhi oleh faktor cuaca. Apabila cuaca panas, cabai tidak bisa berkembang dengan maksimal.

"Saat cuaca panas cabai pertumbuhannya terganggu," terang Sunarto, kepada blokTuban.com, Rabu (27/1/2016).

Setelah itu, kata Sunarto, saat cuaca berganti dengan hujan yang terus menerus turun, tanaman cabai akan kelihatan layu dan banyak yang jatuh.

Kebanyakan petani cabai yang berada di Kecamatan Montong, tambah Sunarto, memilih menanam cabai jenis merah Kriting, dan untuk saat ini harganya mencapai Rp18 ribu per kilogramnya. "Mahalnya cabai dipengaruhi produksi yang menurun dan permintaan cabai meningkat," pungkasnya. [hud/rom]