PPI Bulu, Sediakan Pengawas Perikanan dan Syahbandar

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Bulu Tuban telah menyediakan Pengawas Perikanan dan syahbandar untuk mempermudah masyarakat nelayan Tuban dalam pelayanan pembuatan surat-surat kapal agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat berlayar.

Kasubag TU UPT Pelabuhan dan Perikanan Bulu Tuban, Hadi Iswanto mengatakan,memang di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Bulu Tuban telah ada Petugas Pengawas Perikanan dan Petugas Syahbandar. Hal tersebut guna meningkatkan dan mengoptimalkan pelayanan terhadap nelayan Tuban, khususnya masyarakat nelayan di Bulu.

"Hal tersebut sudah ada sejak sekitar tahun 2015, karena memang difokuskan untuk pengembangan PPI Bulu, dan yang meminta langsung adalah Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk menempatkan Pengawas Perikanan dan Syahbandar di PPI Bulu," terang Iswanto kepada blokTuban.

Lebih lanjut Iswanto menambahkan, memang PPI Bulu ini merupakan PPI terbesar di Tuban. sebab, asetnya adalah milik Pemprov Jatim, maka tak heran pelayanan akan diusahakan yang terbaik.

"Tentunya dengan adanya Pengawas Perikanan dan Syahbandar yang ada, maka masyarakat nelayan bisa memanfaatkannya dengan baik, dengan mengurus surat-surat kapal yang diperlukan saat akan berlayar," harapnya.

Berdasarkan info yang dihimpun blokTuban.com bahwa hingga saat ini masyarakat nelayan Bulu belum banyak yang mengetahui tentang keberadaan Pengawas Perikanan dan Syahbandar yang berada di PPI Bulu Tuban. [nok/col]