Musim Hujan, Ternak Rawan Terkena Virus

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Musim penghujan saat ini, membuat daya tahan tubuh hewan sangat mudah terserang penyakit, seperti pada hewan ternak sapi. Kebanyakan penyakit yang menyerang adalah Boving Epemeral Fever (BEF). Kondisi ini terjadi di beberapa wilayah Kabupaten Tuban, khususnya peternakan di Kecamatan Kerek.

Salah satu Dokter Hewan di kawasan Kecamatan Kerek, Arif Andi mengatakan, musim penghujan seperti saat ini sangat rawan bagi ternak, seperti sapi ataupun kambing, pasalnya pada musim hujan virus akan mudah menyerang ternak.

"Musim penghujan membuat hewan ternak sangat mudah terkena panyakit, contohnya Boving Epemeral Fever (BEF) atau bahasa jawanya (Pilekan)," terangnya kepada blokTuban.com, Senin (25/1/2016).

Penyakit tersebut, menurut Dokter Arif sapaan akrabnya, biasanya dibawa oleh lalat dan nyamuk. Untuk itu kami mengimbau bagi para peternak diharapkan lebih ekstra dalam mengusir nyamuk dan lalat.

"Pada musim penghujan ini, setiap harinya saya bisa menangani lima sampai sepuluh sapi, yang kebanyakan terkena virus BEF," jelasnya. [hud/rom]