Musim Belalang Jadi Berkah Bagi Pedagang Sayur Keliling

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Belalang menjadi hama yang menakutkan bagi para petani, di sisi lain menjadi berkah para penjual sayur keliling yang berada di Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban. Saat ini para pedagang sayur keliling menyediakan jualan belalang, Senin (25/1/2016).

Belalang ini dijual dalam keadaan hidup dengan harga Rp15.000 per botol air mineral berukuran besar. Penjual sayur keliling bisa menghabiskan sekitar 30-40 botol setiap hari.

Salah satu pedagang sayur keliling Hariyanto (33) mengatakan jualan tambahan belalang ini lebih menguntungkan dan terbukti paling laris dan paling cepat habis dibanding lainnya.

"Jualan tambahan belalang ini cukup menguntungkan," kata Hariyanto kepada blokTuban.com.

Hariyanto biasanya keliling di desa-desa yang berada di Kecamatan Montong, seperti Desa Sumurgung, Desa Pakel, Desa Tanggulangin dan Desa Pucangan. Dia mengaku membeli belalang langsung dari para pencari (Penyuluh Walang) di Desa Manjung pada waktu malam hari.

Sementara itu, pedagang belalang lain Hariyono mengaku, biasanya ibu rumah tangga membeli belalang untuk lauk atau pengganti ikan.

"Sudah sekitar tiga mingguan ini saya berjualan belalang, dan para pembeli lumayan banyak, biasanya dipakai untuk lauk makan," pungkasnya. [hud/col]