Dinsos Siapkan Pendampingan untuk Eks Gafatar

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Tuban, mengklaim siap memberikan pendampingan kepada eks Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) asal Kabupaten Tuban.

Pendampingan akan diberikan, apabila eks Gafatar sudah pulang ke kampung halaman. Saat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban juga tengah mempersiapkan pemulangan warganya untuk beberapa hari kedepan.

"Pasca dipulangkan ke Tuban, kita siap untuk memberikan pendampingan kepada mereka," terang Kepala Dinsosnakertrans Tuban, Nurjanah, kepada blokTuban, Senin (25/1/2016).

Dinsosnakertrans, belum bisa menentukan bentuk pendampingan yang akan diberikan kepada mereka. Masih diperlukan diskusi lebih mendetail kepada eks Gafatar ini. Karena tidak semua eks Gafatar asal Tuban yang ikut berangkat ke Kalimantann berasal dari keluarga tidak mampu.

Nurjanah melanjutkan, mungkin juga ada bantuan jaminan hidup untuk yang tidak mampu. Tetapi faktor ekonomi tampaknya bukan satu-satunya alasan mereka untuk gabung dengan organisasi terlarang ini.

"Tidak semua anggota eks Gafatar ini orang yang butuh secara ekonomi, jadi kita akan lakukan pemberdayaan yang lain setelah mereka pulang dan melakukan diskusi," tandas Nurjanah.

Sementara itu, belum ada keterangan resmi dari Pemkab Tuban tentang kapan eks Gafatar ini akan sampai di Tuban. Hanya saja, Pemkab dan jajaran Forpimda diinformasikan sudah melakukan pertemuan untuk membahas hal ini siang tadi. [pur/col]