Warung Makan Mbak Sri Sedot Pembeli hingga Luar Kota

Reporter: Moch Sudarsono

blokTuban.com - Di Kabupaten Tuban, tepatnya sekitar 4 kilometer dari pusat kota, ada warung yang selalu ramai dikunjungi pembeli. Warung makan yang berada di RT 01 RW 07 Desa Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding itu dikenal dengan sebutan Warung Mbak Sri.

Meskipun berlokasi di dalam gang namun siapa sangka bahwa tempat ini mampu menyedot pembeli hingga dari luar Tuban. Sri Wati, pemilik warung mengatakan, ia menjual aneka menu makanan. Ada nasi putih dan nasi jagung. Lauknya pun beraneka ragam, ada belut, lele, bekicot, katak, udang, burung puyuh, daging sapi, serta tempe dan sejenisnya. Tak ketinggalan, minuman khas Tuban, yaitu legen.

"Warung ini mulai buka pukul 09.00 sampai sore sekitar pukul 16.00 WIB. Biasanya pembeli mulai datang pukul 10.00 WIB ada yang sekadar membeli lauk pauk ataupun menyantap makanan di tempat dengan menu yang sudah disajikan, namun jika sebelum waktunya tutup jika makanan ataupun lauk sudah habis maka warung akan ditutup," ujarnya kepada blokTuban.com.

Sri mengaku mampu menghabiskan berkilo-kilo gram setiap macam lauk yang disajikan. Belut, misalnya, setiap hari ia menghabiskan 4 kilogram, lele 2 kilogram, bekicot 6 kilogram, katak 3 kilogram, puyuh 15 biji, daging sapi 1 kilogram.

"Untuk yang membeli lauk pauk biasanya warga dekat sini saja sebab mungkin mereka hanya memasak nasi, sedangkan untuk yang membeli makanannya adalah orang luar daerah sini biasanya dari kota ataupun daerah luar kota yang sedang berwisata atau mampir ke Tuban sekaligus untuk mencicipi kulinernya,” paparnya.

Seorang pembeli Gun mengatakan, masakanWarung Mbak Sri sangat nikmat. Menurutnya, bumbu dan cabai yang menggigit di bumbu membuat pedasnya terasa. Rasa seperti ini yang cocok untuk selera makan masyarakat Tuban.

"Harganya juga bersahabat bagi jantong anak muda, murah pokoknya," pungkas Gun.[nok/col]