Sempat Lancar, Kini Pelelangan TPI Bulu Macet

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Sempat berdenyut secara konsisten aktivitas pelelangan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Bulu, namun setelah tiga bulan lelang berlangsung ternyata situasi tak sesuai semangat awal  bahkan bisa dinilai macet.

Kasubag TU UPT Pelabuhan dan Perikanan Bulu Tuban, Hadi Iswanto mengatakan, sejak awal dilakukan pelelangan pada 29 November 2014 di TPI Bulu ini memang terlihat sangat lancar pada tiga bulan pertama. Namun setelah berlangsung tiga bulan keadaan mulai carut marut.

"Sejak tiga bulan pertama dilakukan pelelangan memang nelayan dan bakul antusias mengikuti lelang hingga hasilnya pun sangat bagus," terang Hadi kepada blokTuban.com.

Hadi Iswanto yang merupakan pegawai Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi ini menambahkan, saat pelelangan lancar memang banyak instansi terkait yang turut mendukung terselanggaranya pelelangan. Terbukti, berbagai elemen mulai Polisi, Satpol PP dan TNI yang ikut memantau jalannya lelang.

"Saat ini bukan menjadi rahasia umum jika pelelangan sedang dalam kondisi tidak baik atau bisa dibilang tidak jalan, saya kira masyarakat, terlebih nelayan Bulu bisa mengetahuinya," pungkasnya.

Berdasarkan info yang dihimpun blokTuban.com saat ini dari pihak PPI ataupun TPI sedang mencari formula atau solusi agar pelelangan bisa kembali berjalan dan manfaatnya bisa dirasakan masyarakat nelayan. [nok/col]