Penjara Polres Tuban Over Kapasitas

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Tempat tahanan atau penjara, yang dimiliki Polres Tuban mengalami over atau kelebihan dibanding kapasitas yang disediakan.

Informasi yang diterima blokTuban.com, Senin (18/1/2016), penjara Polres Tuban saat ini dihuni sekitar 49 tahanan dan ditambah jumlah tahanan yang dititipkan di luar Polres. Padahal, kapasitas penjara milik Polres Tuban hanya untuk 20 orang, sebelum dilimpahkan ke Lembaga Permasyarakatan (Lapas).

"Tempat tahanan kita kapasitasnya untuk 20 orang, atau bisa ditambah apabila mendesak maksimal 35 orang. Tapi sekarang tahanan kita kan lebih dari itu," jelas Kasubbag Humas Polres Tuban, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Elis Suendayati, kepada blokTuban.com.

Elis menjelaskan, untuk menyiasati ini, Polres Tuban terpaksa menitipkan tahanan mereka di Lapas Tuban. Saat ini, ada sekitar 20 tahanan titipan sudah ada di Lapas, meski penyidikan masih dilakukan di Polres Tuban.

"Apa boleh buat. Karena di sini tempatnya sudah penuh. Sehingga beberapa tahanan dengan kasus tertentu kita titipkan di Lapas, tapi juga tidak asal titip," terang Elis.

Penjara Polres Tuban terbanyak dihuni oleh tahanan kasus pencurian. Selain itu juga banyak dihuni tahanan kasus judi dan juga karnopen atau peredaran obat-obatan terlarang. [pur/rom]