Belimbing Glagahsari 80 Persen Berjenis Bangkok Merah

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Belimbing asal Desa Glagahsari, Kecamatan Soko ternyata tergolong varietas atau berjenis bangkok merah.

Salah serang pemilik kebun belimbing di desa setempat, Subandi (43) mengatakan belimbing jenis bangkok merah memiliki keunggulan dibanding jenis belimbing asli Desa Glagahsari. Hampir 80 persen di empat lokasi kebun belimbing miliknya dan kebun warga lainnya berjenis bangkok merah.

"Belimbing bangkok merah memiliki buah besar dan rasa manis. Saat ini per kilo belimbing harganya Rp5.000," kata Bandi sapaan akrabnya.

Salah seorang pengunjung ditemui di lokasi perkebunan belimbing, Harmin (23) mengaku baru pertama ini mengunjungi kebun belimbing di Glagahsari.

"Saya baru tahu kalau di Soko ada kebun belimbing luas seperti ini. Dengar-dengar rasanya juga tidak kalah yang ada di Tasikmadu-Tuban," kata gadis asal Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Tuban ini.

Selain pertanian, belimbing sejauh ini menjadi komoditas unggulan Desa Glagahsari, Kecamatan Soko. Hampir-hampir di setiap pekarangan rumah warga dapat dijumpai pohon belimbing. Penjualan buah belimbing menjadi salah satu sumber pencaharian warga setempat. [dwi/col]