Spesialis Sepeda Onthel, Omset Rp 3 Juta Perbulan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bengkel spesialis sepeda onthel saat ini mulai jarang kita temui di beberapa wilayah Bumi Wali sebutan Kabupaten Tuban. Pasalnya kendaraan dengan tenaga dikayuh tersebut sekarang telah tergantikan dengan kendaraan bermesin, begitu juga bengkel spesialis sepeda onthel yang semakin hilang ditelan zaman.

Di Desa Margorejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban terdapat satu bengkel spesialis service sepeda onthel yang sangat ramai milik Saijan.

Laki-laki 49 tahun itu mengatakan, kalau lagi ramai, bengkel yang berada di depan rumahnya tersebut, bisa penuh dengan sepeda ontel yang menunggu untuk diservice, pelanggannya pun datang dari berbagai desa di Kecamatan Kerek.

"Setiap hari bisa menservice 15 sampai 20 sepeda ontel," terang Saijan, kepada bT sebutan akrab blokTuban.com, Sabtu (16/1/2016).

Di bengkel tersebut, Saijan dibantu oleh anaknya Sain (33). Selain spesialis service sepeda onthel, juga melayani tambal ban kendaraan bermotor.

Sain menambahkan, sejak empat tahun bengkel berdiri, beberapa warga dari Kecamatan Kerek seperti Desa Sumberarum, Jarorejo, Margomulyo dan Temayang banyak yang melakukan service sepeda ke tempatnya.

"Setiap bulan, omset rata-rata diperkirakan mencapai tiga juta," kata pria 33 tahun tersebut.

Untuk onderdil sepeda onthel bengkel ini, langsung dikirimi dari Kabupaten Tuban, dan bengkel ini buka dari pagi pukul 07.00 dan tutup pukul 16.00 WIB. [hud/mu]