Sensus Ekonomi, BPS Butuhkan 1.000 Orang

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Badan Pusat Statistik (BPS) membutuhkan 1.000 orang untuk menjadi petugas sensus ekonomi 2016 di Tuban. Petugas ini, akan direkrut dalam waktu dekat.

Petugas ini, akan melakukan pendataan semua usaha yang ada di tengah masyarakat. Tetapi, kali ini khusus untuk usaha-usaha makro, mikro, kecil, dan semua usaha yang berada di luar usaha pertanian. Sebab, pertanian akan ada sektor sensus tersendiri.

Pada sensus terakhir di 2006, tercatat kurang lebih ada 109 ribu usaha yang berkembang di masyarakat. Mulai dari usaha perdagangan, jasa, dan juga pertambangan.

"Sesuai dengan Undang-undang  statistik Nomor 16 tahun 1997, BPS bertanggungjawab kepada tiga kegiatan sensus.  Yakni sensus penduduk, sensus pertanian dan sensus ekonomi,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Tuban, Prayogo Setyo Widodo, Sabtu (16/1/2016).

Widodo mengatakan, perekrutan akan dilakukan secepatnya. Pada pekan depan, BPS akan segera mengeluarkan pengumuman melalui selebaran, brosur, ataupun website resmi di www.tubankab.bps.go.id.

"Kami juga akan melakukan sosialisasi di tingkat kecamatan," jelas Widodo. [pur/ito]

 

Foto: .net