Sampah Pasar Kerek, Banyak Tercecer di Jalanan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sampah yang berada di pinggir jalan raya depan area pasar Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, setiap harinya mencapai dua gerobak (Gledek), Jumat (15/1/2016).

Setiap hari, ada empat orang petugas kebersihan, yang membersihkan sampah-sampah di area depan pasar Kecamatan Kerek tersebut, mereka mulai beraktivitas sekitar pukul 13.00 WIB.

Salah satu petugas, Sumari (45) mengatakan, setiap harinya sehabis pasaran atau aktivitas jual beli di pasar, sampah akan menumpuk dan bisa sampai dua gerobak penuh.

"Sampah dari area pasar Kecamatan Kerek ini, sekitar dua gledek penuh setiap harinya, dan kebanyakan tercecer di jalanan karena banyak masyarakat yang tidak membuang sampah pada tempatnya," ujar Sumari kepada blokTuban.com.

Untuk sampah sendiri dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), yang berjarak kurang lebih sekitar 500 meter dari lokasi pasar Kecamatan Kerek.

Petugas kebersihan lain, Saridam, mengaku menjadi petugas kebersihan di area pasar kerek sudah lama. Saat ditanya terkait banyaknya sampah yang tercecer, pria 40 tahun tersebut mengeluhkan, kurang sadarnya masyarakat akan kebersihan pasar, dan banyak yang tidak membuang sampah pada tempatnya.

"Sudah ada tempat sampah, namun masih banyak yang membuang sampah di jalanan," kata Saridam. [hud/rom]