Harga Sembako di Pasar Jatirogo Terpantau Naik

Reporter: Ikhsanul Yazid

blokTuban.com - Pasar Jatirogo merupakan pasar terbesar kedua setelah pasar Kota Tuban, yang berlokasi di Desa Sadang, Kecamatan Jatirogo. Di Pasar tersebut, harga kebutuhan pokok atau sembako terpantu naik.

Seperti diungkapkan salah satu pedagang, Imin, mengatakan bahwa semua harga kebutuhan pokok atau sembako di pasar Jatirogo mengalami kenaikan. Seperti, bawang putih, bawang merah, tomat dan minyak goreng, hampir semua mengalami kenaikan harga kecuali cabe.

"Bawang merah yang semula Rp22.000/kg menjadi Rp23.000, tomat Rp9.000 naik menjadi Rp10.000, bawang putih yang semula Rp23.000 juga naik menjadi Rp26.000, serta minyak goreng yang mulanya Rp11.000 menjadi Rp11.500/kg," jelas Imin.

Pedagang lain, Pi'ah, juga mengatakan hal senada, semua kebutuhan pokok di pasar Jatirogo mengalami kenaikan harga kecuali cabe, karena memang harga cabe tidak bisa diprediksi, terkadang stok masih banyak tapi harga naik.

Faktor utama kenaikan harga sembako, menurut Pi'ah, karena pada musim penghujan seperti saat ini, banyak tanaman petani yang rusak dan mati, dikarenakan kebanyakan air. "Jadi ya otomatis membuat kebutuhan pokok pada naik," jelasnya kepada blokTuban.com.  [nul/rom]