Industri Olahan Makanan dan Kerajinan Perlu Ditingkatkan

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Industri kreatif di Tuban perlu dikembangkan, terlebih pada industri olahan makanan dan kerajinan khas bumi wali sebutan Tuban.

Kepala Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar) Kabupaten Tuban, Farid Achmadi, mengatakan pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) perlu mengembangkan ide kreatif dalam mengembangkan usaha yang dijalani.

"Pada olahan makanan seperti dumbek, dipadukan dengan ide kreatif menciptakan beberapa varian rasa dan warna menjadi nilai tambah," kata Farid sapaan akrabnya.

Tidak berhenti disitu, lanjut Farid, di industri kerajinan perlu dilakuan hal serupa. Jika puas akan produk sekarang, dan tidak menunjukkan peningkatan ide kreatif, maka akan tertindas dengan produk kreatif lain.

"Kita punya kerajinan batik khas Tuban, batik Gedog. Pengerjaan batik tulis ini dapat pula dikembangkan dalam berbagai bentuk, terutama fashion," terang Farid, kepada blokTuban.com.

Menurut Farid, produk olahan makanan dan kerajinan, ide kreatifnya saling terkait satu sama lain. Terutama pada era pasar bebas kali ini, kuliner dan fashion memiliki daya kompetitif.

"Para pelaku IKM, mesti menonjolkan ide kreatif dan memberi inovasi pada produk yang dihasilkan," tutup Farid. [dwi/rom]