Tak Mau Perut Gendut? Kurangi Minuman Manis

Reporter: --

blokTuban.com - Mengonsumsi minuman manis setiap hari, misalnya jus dalam kemasan, kopi bercampur krim, atau soft drink merupakan salah satu penyebab perut gendut.

Lemak visceral yang menumpuk di rongga perut dan menyelimuti organ-organ dalam seperti liver dan pankreas merupakan lemak yang sangat berbahaya karena dapat memengaruhi fungsi hormon, seperti insulin.

Terganggunya kerja insulin dan terjadinya resistensi insulin merupakan salah satu penyebab diabetes melitus dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Dalam penelitian yang dilakukan terhadap 1000 orang dewasa yang berpartisipasi dalam Framingham Heart Study, AS, diketahui seiring waktu setiap responden akan mengalami kenaikan lemak visceral, tapi mereka yang setiap hari minum minuman manis kenaikannya paling tinggi.

Minuman mengandung gula seperti soda atau jus kemasan ditambahkan sukrosa atau sirup jagung tinggi fruktosa. Meski begitu diet soda tidak terkait dengan peningkatan lemak visceral.

Asosiasi jantung Amerika merekomendasikan untuk membatasi asupan gula tambahan tak lebih dari 100 kalori setiap hari untuk wanita, dan 150 kalori untuk pria. [lis]

Sumber: http://kompas.com/