Siswa Berprestasi, Dispora Berikan Reward

Reporter: Moch Sudarsono

blokTuban.com - Masalah reward atau penghargaan bagi siswa prestasi, kerap kali menjadi perhatian bagi publik. Terlebih, atas capaian yang diraih dalam hal prestasi mengharumkan nama kabupaten, dimana siswa tersebut tinggal, hal tersebut nampaknya menjadi perhatian bagi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Tuban.

Ditemui di kantornya, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten, Tuban Sutrisno mengatakan, bahwa reward atau penghargaan itu ada bagi siswa yang prestasi dalam berkompetisi mengikuti kejuaraan, baik provinsi ataupun nasional. Namun banyak yang tidak mengetahuinya untuk jenis prestasi yang sedang diperoleh.

"Jika yang memberangkatkan sekolah maka yang memberikan adalah sekolah. Sebab biasanya di tiap sekolah sudah di anggarkan. Kalau yang memberangkatkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab), ya pasti ada rewardnya, karena semua harus sesuai prosedur," terangnya kepada blokTuban.com

Sutrisno menambahkan, akhir-akhir ini banyak yang bilang bahwa Pemkab lepas tangan jika ada siswa prestasi di Tuban. Menurutnya, hal itu tidak benar. Asalkan prosesnya benar maka akan diberikan rewardnya untuk siswa prestasi tersebut.
Seperti siswa SMP 1 kemarin yang juara karate misalnya. Pihak yang memberangkatkan sekolah, maka sekolah yang akan memberikan reward.

"Kalau misal kejuaraan Porprov maka yang akan memberangkatkan adalah pemkab, dan akan ada reward yang diberikan. Untuk besaran rewardnya menyesuaikan anggaran," pungkasnya. [nok/ito]