Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Sebanyak 33 Puskesmas yang tersebar  di 20 Kecamatan Kabupaten Tuban mempunyai jenis pelayanan yang berbeda-beda. Ada yang memiliki pelayanan puskesmas Rawat Inap dan Non Rawat Inap. Sebanyak 24 puskesmas yang tidak Rawat Inap dan 9 puskesmas memiliki pelayanan Rawat Inap di Kabupaten Tuban.

Kepala Dinas Kesehatan, Saeful Hadi mengatakan, jenis pelayanan puskesmas itu berbeda-beda menyesuaikan wilayah yang ada disekelilingnya. Memang ada yang jenis rawat inap dan ada yang tidak. Sebab, tidak mungkin semua puskesmas itu memiliki jenis pelayanan yang sama.

"Seperti di Kecamatan Bancar yang ada dua Puskesmas apa iya keduanya akan melakukan Rawat Inap dengan jarak yang tidak jauh, dan itu juga akan berdampak pada anggaran juga," ungkapnya.

Sembilan Puskesmas yang memiliki pelayanan rawat inap adalah Puskesmas Bangilan, Singgahan, Montong, Soko, Rengel, Plumpang, Tambakboyo, Jatirogo, dan Puskesmas Bulu.

Ketentuan kriteria pelayanan Rawat Inap, lanjut Saeful, tiap puskesmas mengambil beberapa pertimbangan seperti, wilayah puskesmas yang memiliki jumlah penduduk padat ataupun wilayah yang ramai. Sehingga puskesmas juga tidak sepi, sebab jika rawat inap berjalan maka pelayananannya juga akan ditingkatkan, termasuk luas wilayah puskesmas kurang lebih 2.000 m2, jumlah Dokter, Perawat dan juga Bidan yang akan menangani Puskesmas.

"Sembilan Puskesmas dari Sembilan Kecamatan sudah melakukan rawat inap, selebihnya dari jumlah total keseluruhan 33 puskesmas masih belum melakukan jenis pelayanan Rawat Inap," pungkas Saeful. [nok/ito]