Rest Area Salah Satu Solusi Pemasaran

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Salah satu kendala utama ketika seseorang memulai usaha atau pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), yaitu pada pemasaran. Hal demikian yang diutarakan oleh Kepala Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar) Kabupaten Tuban, Farid Achmadi.

"Yang paling penting selain modal yaitu pemasaran. Pemerintah memfasilitasi Rest Area sebagi bentuk kepedulian terhadap UMKM dalam memasarkan produk," terang Farid.

Lokasi yang strategis, lanjut Farid, dapat dimanfaatkan untuk pelaku UMKM memasarkan produk dengan gratis. Selain itu bebas biaya sewa tempat promosi dan karyawan di sana tanggunjawab pemerintah.

Dari pantuan blokTuban.com di lokasi Rest Area, berbagai produk dipajang di atas rak yang telah disediakan. Dari produk berbasis kerajinan dan olahan makanan, dapat dijumpai di sana.

Seperti kerajinan yang terbuat dari kayu, ada miniatur sepeda, miniatur kapal layar dan miniatur ongkek. Selain itu kerajinan berbahan tanah liat seperti gerabah dapat dijumpai dalam beragam bentuk.

Selain kerajinan, produk olahan makanan juga dapat dijumpai pada rak bagian lain. Dari olahan makanan mentah hingga jadi dapat ditemukan. Dari keripik, kue, terasi dan ikan kering.

Namun sayang, pada beberapa titik, dimana produk kerajinan tas dan gerabah banyak berdebu. Sementara ada karyawan yang setiap hari berada di lokasi. [dwi/rom]