Waduk Kering, Warga Sumberarum Panen Ikan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Warga Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban memanfaatkan waduk yang volume airnya menyusut untuk menjaring ikan, Jumat (8/1/2016).

Waduk yang berada tepat di depan Kantor Kepala Desa Kerek tersebut volume airnya mulai menyusut. Hal ini dikarenakan tidak adanya hujan selama satu minggu, selain itu waduk juga dipergunakan oleh warga sekitar untuk irigasi pertanian.

Salah satu penjaring ikan, Tasran (40) mengatakan, hampir tiga hari ini warga dan pemuda desa setempat menjaring ikan di waduk. Karena airnya menyusut ikan-ikan mudah ditangkap.

"Sudah sejak tiga hari yang lalu kami menjaring ikan di waduk ini, dan mendapatkan lumayan banyak ikan," ungkap kepada blokTuban.com.

Penjaring yang lain Sukadi (40) mengaku kalau Kebanyakan ikan yang berhasil dia tangkap adalah nila, wader dan mujair yang awalnya sengaja ditabur benih ikan oleh pihak desa.

"Kebanyakan ikan-ikan yang saya tangkap yakni nila, wader dan mujair," ujar Sukadi.

Setiap harinya warga mencari ikan di waduk tersebut secara berkelompok, satu kelompok yang terdiri dari dua orang ini bisa mendapatkan ikan sampai tujuh kilogram. [hud/col]