Terpencil, Kampung Ini Belum Tersentuh Listrik

Miris, Kampung Ini Tak Ada Aliran Listrik

Reporter: Ikhsanul Yazid

blokTuban.com - Zaman semakin modern bahkan layanan internet dalam genggaman tangan. Tetapi hal ini tampaknya tidak berlaku bagi Kampung Tudus, Desa Ketodan, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban.

Sampai sekarang, keinginan warga di kampung ini untuk mendapat aliran listrik belum juga terwujud. Sebab, sampai detik ini PLN belum menjangkau kampung yang dihuni sekitar 12 kepala keluarga (KK) ini.

"Kalau malam ya pakai lampu minyak," jelas salah satu warga, Gunarti (36), kepada blokTuban.com, Jumat (8/1/2016).

Gunarti menjelaskan, kampung desa ini terpencil dengan jumlah penduduk yang tidak begitu banyak. Mungkin, hal ini yang menjadikan PLN enggan mengalirkan listrik ke tempat ini.

Bahkan, karena terpencilnya anak-anak mereka harus menempuh jarak tak kurang dari satu kilometer untuk pergi ke sekolah. Selain itu harus belajar sebelum malam tiba, karena sama sekali tidak ada penerangan yang bisa membantu aktivitas belajar mereka.

"Ada dua rumah yang menggunakan genset, tapi itu masih belum bisa mencukupi kebutuhan listrik," jelas Narti.

Narti menjelaskan, di desa ini ada 5 hektare tanah lahan desa, dari kepala desa yang memang disediakan khusus bagi warga asli atau warga luar desa yang ingin menetap di tempat ini. Tujuannya, agar jumlah rumah bertambah dan aliran listrik bisa masuk di tempat ini. [nul/col]