Puslabfor Selidiki Penyebab Kebakaran

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Tim dari Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polda Jawa Timur (Jatim), bersama Polres Tuban melakukan penyelidikan penyebab kebakaran di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) milik PT Pertamina di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, malam tadi, Kamis (8/1/2016).

"Sekarang Kasat Reskrim sama Puslabfor di TKP," jelas Kapolres Tuban, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP), Guruh Arief Dharmawan, kepada blokTuban.com, Jumat (8/1/2016).

Sampai hari ini, baik dari Polres Tuban ataupun internal PT Pertamina mengaku belum mengetahui penyebab pasti kebakaran. Sebelumnya, kebakaran diketahui di saluran pipa BBM di fasilitas penunjang penampungan BBM pemasok sebagian besar wilayah Jawa Timur ini.

Informasi sementara yang diterima blokTuban.com, kebakaran terjadi ketika pengerjaan penggantian valeb (keran) baru di pipa penyaluran BBM. Saat itu dalam tahap pengosongan pipa, yang dilakukan pekerja Pertamina dan kontraktor dengan jumlah pekerja sekitar 30 orang. Para pekerja ini akan membuka baut sebanyak 96 ring untuk mengganti valeb baru. Ketika proses inilah, api mendadak menyambar pipa dan baru bisa dipadamkan 1,5 jam setelahnya. [pur/col]