Polisi: Kebakaran Terjadi di Pipa Penyaluran BBM
Reporter: Edy Purnomo
 
blokTuban.com - Kebakaran di Terminal Bahan Bakar Minyak (BBM) milik PT Pertamina (Perseroa) Tbk, di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, terjadi di bagian pipa penyalur BBM.
 
Kapolsek Jenu, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Frihamdeni, menjelaskan kejadian terjadi ketika pengerjaan penggantian valeb (keran) baru di pipa penyaluran BBM. Saat itu dalam tahap pengosongan pipa, yang dilakukan pekerja Pertamina dan kontraktor dengan jumlah pekerja sekitar 30 orang. Para pekerja ini akan membuka baut sebanyak 96 ring untuk mengganti valeb baru.
 
"Sebelum valeb rusak akan diganti, tiba-tiba api menyambar," terang Frihamdeni kepada blokTuban.com di lokasi kejadian, Jumat (8/1/2016) dini hari.
 
Menurut Kapolsek Jenu, kejadian ini terjadi sekitar 21.30 dan bisa dipadamkan pada pukul 22.30 WIB. Dengan menerjunkan sedikitnya 4 mobil PMK milik PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) yang tepat berada di depan TBBM dan juga milik Pemkab Tuban.
 
Malam ini, petugas kepolisian mengaku kesulitan melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). Sebab, masih terkendala kondisi gelap karena malam dan juga faktor keamanan.
 
"Untuk penyebab kebakaran, kami masih belum bisa memastikan," jelas Frihamdeni. [pur/col]