Petani Keluhkan Debu yang Ditimbulkan PT SI

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Petani yang berada dikawasan PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk atau PT SI, tepatnya di Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, mengeluhkan adanya debu yang ditimbulkan oleh PT SI, Kamis (7/1/2016).

Debu yang setiap harinya timbul dari aktivitas kegiatan pabrik Semen Indonesia tersebut, mengganggu pertumbuhan tanaman para petani. Selain itu, para petani juga mengaku kalau debu yang setiap hari ditimbulkan oleh PT SI tersebut, sangat mengganggu kegiatan bercocok tanam.

Salah satu petani, Awi (46) mengatakan, kalau jagung-jagung yang ia tanam, pertumbuhannya lambat karena dipengaruhi debu. Selain itu juga dengan tidak adanya hujan, debu-debu tersebut menempel diantara dedaunan hingga tebal.

"Kalau hujannya tidak turun seperti saat ini, debu yang ditimbulkan Semen Indonesia semakin tebal di daun," ujarnya kepada blokTuban.com.

Petani lain, Kasmu (40) juga mengatakan hal yang sama, kalau debu yang ditimbulkan setiap harinya tebal, dan jika hujan tidak datang para petani juga merasakan pengaruhnya, selain kepada kesehatan juga berpengaruh terhadap tanaman.

"Tanaman sekarang ini tumbuh dengan baik, namun pengaruh dari debu tersebut yang menjadi kendala para petani," imbuh Kasmu. [hud/rom]