Kain Tenun Desa Sumberarum, Tembus Luar Pulau

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kain hasil tenunan dari Dusun Sumberejo, Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban saat ini telah menembus pasaran luar pulau, Rabu (6/1/2015).

Untuk diketahui, di Dusun Sumberejo, Desa Semberarum terdapat dua titik usaha tenun. Usaha kerajinan tenun hom industri yang dirintis warga setempat tersebut telah didirikan sejak dua tahun lalu sebagai upaya melestarikan warisan budaya Jawa.

Pengelola tenun di Dusun Sumberrejo Kusnul (30) mengatakan, hasil tenun karyanya telah dipasarkan ke berbagai daerah di luar Jawa dengan pemasaran yang paling besar di Pulau Bali yang dipakai untuk baju tradisional di sana.

"Di Pulau Bali peminat dari hasil tenun kami sangat banyak, selain dipakai untuk peringatan hari-hari besar juga dibuat serupa dengan baju adat," ujar Kusnul kepada blokTuban.com.

Selain pemasarannya ke Pulau Bali, kain yang dihasilkan oleh penenun dari Dusun Sumberejo juga selalu diikutkan dalam pameran yang diadakan oleh Kabupaten Tuban.

Setiap kali ada pameran di Kabupaten Tuban untuk kain ukuran 220 centimeter dipatok dengan harga Rp150.000. Selain itu harga kain juga tergantung rumitnya motif pembuatan.

"Selain pemasaranya sudah ada, namun setiap kali ada pameran hasil tenunan ini selalu diikutkan dengan harga yang bervariasi," pungkasnya. [hud/col]