Pengangguran di Ring 1 PT SI Masih 8 Persen

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Di Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban yang merupakan desa dalam area ring 1 PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk, (SI) masih terdapat beberapa warga yang belum bekerja atau yang akrab disebut pengangguran, Selasa (5/1/2016).

Pengangguran yang berada di desa area ring 1 tersebut mencapai 8 persen, keadaan ini terjadi penurunan dari tahun ke tahun.

Kepala Dusun Sumberarum Bambang mengatakan, kalau pengangguran yang berada di Desa Sumberarum ini masih ada, namun mengalami penurunan setiap tahunnya. Untuk saat ini terdapat sekitar 8 persen warga yang belum bekerja.

"Untuk saat ini mengalami penurunan, kalau dihitung dari angka angkatan kerja yang terdata, mencapai 8 persen," ungkapnya kepada blokTuban.com.

Bambang juga menyatakan, bahwa di Desa Sumberarum banyak diadakan pelatihan, namun tidak ada kelanjutanya. PT. Semen Indonesia juga siap untuk mendampingi pelatihan tersebut.

Pengangguran ini, masih kata Bambang, disebabkan belum banyaknya perekrutan dari suatu PT yang terdapat di perusahaan Semen Indonesia atau SI. Selain itu penyebab yang lain, tidak adanya kelanjutan dari pelatihan yang pernah ada.

"Angka dari pengangguran tersebut ada juga yang bekerja, namun bukan merupakan karyawan tetap," imbuhnya.

Pihak desa berharap, agar PT yang berada di Semen Indonesia dapat merekrut para pengangguran yang ada di desa yang masuk wilayah ring 1, dan menjadi karyawan tetap. [hud/rom]