Jelang Harga BBM Turun, Nelayan Kesulitan Cari Stok

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Menjelang turunnya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang akan jatuh pada selasa (5/1/2016) besok, para nelayan megeluhkan sulit mendapatkan stok solar maupun premium.

Seorang nelayan, Gendon mengatakan, sangat susah mendapatkan jenis BBM solar dan premium saat menjelang turunnya harga BBM, mungkin ini terjadi untuk menjaga kestabilan stok BBM.

"Bahkan saya terpaksa harus membeli premium di tempat eceran, karena premium sangat dibutuhkan juga untuk menyalakan mesin genset," jelasnya kepada blokTuban.com

Sementara itu nelayan lain Udin mengatakan hal senada, dia juga merasa akibat akan diturunkannya harga BBM sulit mendapatkan stok di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Karena itu, selain membeli BBM di warung eceran, banyak pula yang menggunakan Solar atau pun premium yang masih dimiliki sebagai stok persediaan.

"Saya harus menggunakan solar dan premium yang masih ada di perbekalan, padahal seharusnya saya harus membeli lagi untuk berjaga-jaga," ujarnya.

Diketahui akibat susahnya mendapatkan BBM jenis solar dan premium ini sebagian nelayan harus rela mencari BBM jenis tersebut sampai di SPBU di luar Kecamatan Bancar. [nok/col]