Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Warga Dusun Bulung, Desa Nguruan, Kecamatan Soko kini dapat merasakan kenyamanan ketika mandi di Sendang Bulungrejo. Sendang yang terletak di tengah dusun tersebut kini telah dibangun sanitasi berbasis masyarakat (sanimas) oleh Kementerian Dinas Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Ketua Panitia Lapangan Pembangunan Sendang Bulungrejo, Yahmani, mengatakan, anggaran pembangunan sebesar Rp400 juta. Dana diperoleh dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

"Pembangunan bertujuan membantu mayarakat setempat agar lebih mudah memanfaatkan air sendang. Maka dari itu dibangun MCK dan Instalasi Pembangunan Air Limba (IPAL)," kata Yahmani.

Dari pantauan blokTuban.com di lapangan, bangunan sanitasi sudah rampung dibangun. Bangunan seluas 15 x 10 meter ini memiliki delapan bilik kamar mandi. Masing-masing empat bilik kamar mandi untuk perempuan dan laki-laki dipisah dinding sebagai sekat.

Salah seorang warga setempat, sulasri (26) mengaku lebih nyaman dengan dibangunnya sendang saat ini.

"Kalau iyam (mandi) jadi nyaman, tidak seperti dulu. Sekarang sudah tertutup," ungkap Sulastri kepada blokTuban.com.

Revitalisasi sendang ini dilakukan selama 120 hari. Terhitung sejak tanggal 31 Juli hingga 27 November 2015. Hingga kini masyarakat Bulung telah menggunakan bangunan selama satu bulan lebih. [dwi/col]