Jalur Pantura, Jadi Rest Area Dadakan

Reporter: Edy Purnomo

blokTuban.com - Tenda makanan dan minuman (Mamin) yang berdiri di sepanjang Jalur Pantura, tepatnya di Jalan Re Martadinata, menjadi tempat istirahat (rest area) dadakan bagi pengendara yang melintas di Tuban.

Tenda inipun tidak setiap hari ada. Sengaja didirikan pedagang khusus hari libur Natal dan Tahun Baru 2016.

Sepanjang mata memandang, terlihat tenda-tenda diisi orang yang sejenak melepas lelah ketika berkendara. Suasana di sini memang cukup mendukung, karena hawa sejuk bisa dirasakan, sebab berada tepat di pinggir pantai gerdu laut, sebutan pantai di wilayah tersebut.

Kendaraanpun terlihat di sepanjang jalan ini, terbanyak adalah kendaraan roda dua dengan plat luar kota. Meski begitu, lalu lintas di jalur nasional tersebut tampak tidak terpengaruh, karena kondisi jalan yang cukup lebar.

"Tadi dari Semarang mau kembali ke Surabaya, lewat sini lihat pantai kok banyak pedagangnya jadi berhenti," kata salah satu pembeli, Sugito (33), kepada blokTuban.com, Sabtu (2/1/2016).

Potensi tersebut ternyata sudah dibaca sejak awal oleh warga di sekitar lokasi. Lapak sederhana yang mereka dirikan selama musim liburan inipun tidak sia-sia. Makanan dan minuman yang mereka jual tergolong murah meriah. Seperti es degan, mie ayam, bakso, snack, atau sekadar kopi hitam dan lainnya.

"Tahun kemarin juga seperti ini ramai sekali, jadi semua pedagang sudah menduga kalau tempat ini akan jadi jujukan orang," terang salah satu pedagang, Waris, menjelaskan. [pur/rom]